Gereja Sungai Yordan

Bengkayang, Kalimantan Barat – Indonesia

KEMENANGAN ATAS RASA BERSALAH

Yohanes 3:16-17
Kadang-kadang, orang yang lama terikat oleh rasa bersalah harus diselesaikan. Beberapa orang yang hidup benar masih hidup di dalamnya karena menolak untuk menyerahkan dosa tersebut. Sementara itu, orang lain menderita rasa bersalah yang begitu berat karena mereka memendam rasa malu yang bukan miliknya. Apa pun penyebab kutukan anda, pola pertempurannya tetap sama.

Kemenangan atas rasa bersalah dimulai dengan pemahaman bahwa Yesus mengambil alih rasa malu kita di atas salib dan menebus hukuman kita. Tak ada cara lain yang dapat membayar dosa kita sendiri. Tetapi kita perlu untuk jujur terhadap sumber rasa bersalah kita dan mengakui di hadapan Allah. Ini berarti kita setuju dengan perspektif-Nya atas apa yang telah kita lakukan. Dengan kata lain, kita mengakui bila kita salah. Pertobatan menjadi langkah yang lebih lanjut: kita berpaling dari yang salah dan memilih untuk melakukan hal yang baik.

Menghadapi rasa bersalah dengan cara ini menggantikan rasa malu yang berat dalam hati kita dengan damai dan sukacita, yang jauh lebih ringan dan cuma-cuma. Dan efek samping yang luar biasa adalah bahwa kita memiliki kebijaksanaan untuk dibagikan. Keterbukaan atas kesalahan-kesalahan masa lalu, konsekuens yang dihasilkan, beban rasa bersalah, dan pengampunan dapat mengungkapkan Tuhan kepada mereka dalam lingkup pengaruh kita. Melalui kesaksian kita, Allah dapat menjangkau orang lain yang membutuhkan rantai rasa bersalah mereka diputuskan.

Peperangan untuk menaklukkan rasa bersalah merupakan salah satu hal yang tidak boleh ditunda-tunda. Perasaan itu tidak bisa pergi begitu saja. Apapun kutukan anda benar maupun salah, perlu diselesaikan dengan segera. Berhentilah berlari, dan hadapi sumber rasa bersalah anda. Sekarang saatnya mengakhiri semua yang menahan anda dan mulailah berjalan dalam sukacita berkat Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 15, 2012 by in Renungan and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3 other followers

Facebook Like

%d bloggers like this: